Sample Page

Hai kawan semuaaa…..

Lewat blog ini saya akan menceritakan kisah saya selama mengikuti FEP di Binus.

Sebelumnnya perkenalkan terlebih dahulu nama saya Khaerul Ammar, jurusan saya adalah Cyber Security. Oya teman teman pasti  heran dan bingung FEP itu apaan ya, jangan hawatir saya akan menjelaskannya di blog ini untuk itu tolong dibaca dengan seksama ya….

Briefing FEP :

Pada tanggal 18 Agustus 2015, saya mendapat jadwal briefing di kampus syahdan, dan mendapat kelas DBN 11, kelas DBN 11 ini sendiri terdiri dari mahasiswa jurusan Cyber Security, MAT, GAT dan ditemani kakak BC alias Buddy Coordinator yang asyik, gaul, dan humoris, tiap kelas biasannya dibimbing oleh 10-11 BC, kalau di kelas kami ada 11 BC yang menemani, mereka adalah kak Kelvindo, kak Yeremi, kak Darman, kak Damian, kak Dennie, kak Richard, kak Guizot, kak Serafica, kak Yonathan, Kak Yoseph, dan kak Kris, mereka lah yang menemani kami anak DBN 11 selama sesi GO alias General Orientation yang merupakan salah satu acara dari rangkaian kegiatan FEP.

FEP itu adalah singkatan dari Freshmen Enrichment Program, yang merupakan program orientasi untuk menyambut sekaligus mempersiapkan mahasiswa baru agar dapat mengikuti sistem pendidikan di perguruan tinggi yang sangat jauh berbeda dengan sistem pendidikan di sekolah menengah, ditambah lagi BINUS UNIVERSITY merupakan salah satu perguruan tinggi yang sangat pesat perkembangannya sehingga mendapatkan pengakuan dan pengahargaan dari dalam maupun luar negeri.

FEP dalam pelaksanaannya akan terbagi menjadi 3 bagian, dimana satu bagian dengan bagian yang lainnya memiliki satu tujuan masing-masing, bagian yang pertama adalah GO alias general Orientation. GO dilaksanakan selama 1 minggu, selama GO kita akan mengenal lingkungan BINUS, peraturan dan registrasi perkuliahan, dan organisasi kemahasiswaan. Bagian yang kedua adalah AO alias Academic Orientation, AO dilaksanakan selama 2 minggu, selama AO kita akan dikenalkan dengan kurikulum dari masing-masing program/jurusan, materi dasar jurusan, dan mengenal dosen/pembimbing akademik. Bagian yang ketiga adalah CLO alias Campus Life Orientation. Selama CLO kita akan dibimbing untuk  meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, adaptasi selama perkuliahan. CLO dilaksanakan selama 1 semester.

FEP GO DAY 1 :

               Hari ini cuma briefing, saat briefing kita dijelaskan mengenai costume yang harus dipakai adalah baju putih lengan pendek, celana panjang kain warna hitam, dan sepatu dengan warna gelap. Saat akhir briefing para BC juga menyuruh untuk mencari siapa yang bersedia untuk  menjadi komti dan wakomti, pada akhirnya komti dan wakomti yang terpilih adalah Luthfi dan Jordy.

FEP GO DAY 2 :

Ruang 400 (Auditorium Binus Anggrek)

                 Lanjut pada hari kedua FEP yang melelahkan tapi tetap asyik, terdapat 2 sesi juga pada hari ini tapi berbeda dengan saat briefing dan FEP hari pertama, kami mendapatkan jadwal di Anggrek tepatnya di Auditorium. Auditoriumnya seperti foto diatas yang keren, luas, dan nyaman dan dilengkapi dengan kamera CCTV. kami dan DBN-DBN lainnya dikumpulkan disini. sesi pertama adalah sesi perkuliahan, ujian dan registrasi. pada sesi ini kita dijelaskan mengenai mekanisme yang perlu diketahui oleh mahasiswa, mulai dari kewajiban yang harus dipenuhi, fasilitas penunjang yang disediakan, serta peraturan tata tertib yang menjadi pengawal setiap kegiatan perkuliahan.kemudian sesi kedua baru sesi binus way, sesi ini bermaksud agar para mahasiswa baru dengan panggilan Binusian 2019 untuk dapat memahami nilai-nilai, visi, misi Binus. Sesi ini dibawa langsung oleh pak Drs. Andreas Chang selaku wakil rektor III.

FEP GO DAY 3 :

               OK lanjut pada hari ketiga pada hari ini kami mendapatkan kesempatan pertama kali untuk masuk LAB Komputer selama FEP, ya kami dapat memasuki lab komputer karena sesi yang kedua untuk hari ini adalah sesi Binus Maya, Di sesi ini kami diberitahu satu persatu tentang apa saja yang dapat dilakukan di binus maya. Binus Maya merupakan salah satu teknologi informasi utama yang digunakan oleh Binus University sebagai sarana informasi baik akademik maupun non akademik. Ohya sesi pertama untuk hari ini adalah ATTKK (Aturan Tata Tertib Kehidupan Kampus) sesuai dengan namannya sesi ini tentulah sangat penting. Materi ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa baru untuk dapat membuat tujuan bagi diri sendiri mengenai apa yang hendak dicapai selama berkulia di Binus University.

FEP GO DAY 4 :

               Ok lanjut pada hari keempat hari yang melelahkan tetapi tetap asyik, terdapat 3 sesi pada hari ini. Sesi pertama adalah sesi bunga rampai yang tentunnya kita mendapatkan kesempatan yang kedua kalinnya di ruang Auditorium Binus Anggrek sama dengan kegiatan di Universitas lainnya, Binus juga memperkenalkan UKM-UKM dan Komunitas-komunitasnya melalui presentasi di bunga rampai, ada yang menunjukkan tarian, keahlian bela diri, drama, dan masih banyak lagi. Sesi selanjutnnya adalah sesi kerohanian pada sesi ini mahasiswa dipisahkan sesuai agama masing-masing berhubung saya muslim dan pada hari ini hari Jum’at jadi kami ke Masjid Binus untuk melaksanakan ibadah Jum’at. Sesi selanjutnnya adalah sesi Binusian Journey. Sesi ini membahas proses perjalanan seorang binusian selama empat tahun kuliah di BINUS University. Ada banyak proses yang harus dijalani mulai dari orientasi, enrichment, performing dan memperoleh achievement. Ada juga banyak istilah jargon atau singkatan yang sering dijumapai selama kuliah di Binus University nantinnya, di sesi ini juga dijelaskan secara singkat tentang UKM-UKM (Unit Kegitan Mahasiwa) yang ada di Binus dan masing masing HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) juga memberi penjelasan sesuai dengan jurusan karena kami adalah anak Computer Science, maka HMJ yang kami ikuti adalah HIMTI (Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika), anak-anak HIMTI juga memberitahukan tentang HTTP 2015 dan SPAH, HTTP itu bukan Hyper Text Transfer Protocol tetapi HTTP itu adalah HIMTI Togetherness & Top Performance, isinya adalah acara yang hanya bisa diikuti oleh mahasiswa School of Cmputer Scienece, dengan merogok kocek sebesar 150 ribu rupiah, kita akan mendapatkan transport antar jemput ke gedung BPPT, HIMTI Kit, yang dapat menunjang proses pembelajaran dari semester 1 samapai sekitar semester 4, bisa juga mendapatkan kaos HTTP, HIMTI Magz, dan masih banyak lagi, selain itu aktifitas ini juga mendapatkan e-sertifikat lho yang dapat menambah poin SAT kita nantinnya. lalu SPAH itu Seleksi Penerimaan Aktivis Himti, yang untuk informasi serta pendaftaran lebih lanjut dapat menghubunggi panitia disaat EXPO nantinnya.

FEP GO DAY 5 :

              Expo Time…

Sesi EXPO ini kami jurusan yang masuk school of computer science berkumpul diruang K3F, setelah sampai di lokasi, ternyata sudah banyak anak-anak DBN lainnya yang berombongan ngumpul di lorong yang ada di depan K3F, yang mengakibatkan desak-desakan. Setelah tapping, sudah ada kakak-kakak aktivis HIMTI yang bersiap untuk mempromosikan HTTP, SPAH dan Jaket Hoodienya. Pertama saya langsung mendaftar HTTP, SPAH dan membeli jaket Hoodie dengan harga 150 ribu rupiah. setelah usaha yang lumayan susah untuk keluar dari kelas K3F yang padat tersebut, lalu setelah itu saya langsung menuju ke hall besar disana tempat berkumpulnya ukm olahraga dan bela diri. setelah itu saya kemudian menuju kantin untuk membeli minum. setelah itu saya langsung mendaftar CSC dan BNCC. Setelah itu saya langsung balik ke kos. pokoknya sesi Expo ini adalah sesi yang melelahkan selama GO ini.

               Dan rangkaian GO pun selesai dan dilanjutkan dengan Inagurasi pada tanggal 3 September di Jakarta Convention Center, dan kami mendapatkan shift siang. Inagurasi merupakan peresmian mahasiswa/i baru sebagai keluarga besar Universitas Bina Nusantara, dan dilanjutakan ke sesi AO.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.